Jumat, 16 Maret 2012

Budaya Cium Tangan Orang Tua di Rumahku

       Dari kecil, aku selalu diajarkan berbagai hal. mulai dari cara jalan, cara bicara sampai dengan sopan santun termasuk didalamnya cium tangan orang tua. Memang, terkadang aku bertanya dalam pikiranku untuk apa cium tangan? aku sudah bisa langsung berangkat sampai ke sekolahku. Tapi disitulah aku tahu bahwa cium tangan orang tua adalah cara kita menghormati orang tua kita dimulai dari yang kecil. itu sepele, tapi ternyata mengandung makna terpenting. bila ditanya menurutku, maknanya adalah : 
 1.     kita meminta doa restu dari orang tua bahwa kita siap di berangkatkan ke tempat kita beraktivitas.
 2.      kita menerima bekal berupa berkat TUHAN yang di salurkan melalui orang tua kita kepada kita.
 3.      seperti yang aku utarkan bahwa itu adalah cara kita memberi hormat kepada orang tua kita. kita bayangkan saja kalau kita telah berbuat nakal, dapat nilai jelek, padahal orang tua sudah berlelah lelah untuk menafkahi kita, lalu, apa balasannya kepada orang tua? nah setidaknya kita memberi hormat kepada orang tua kita mulai dari hal yang kecil. yaitu selalu minta izin orang tua dan salam dan cium tangannya.  

ingat, tatacara dan budaya pamit, salam, cium tangan orang tua di Indonesia ini belum di klaim oleh negara manapun. maka dari itu aku cinta budaya ini. karena dengan ini kita bisa menunjukan rasa hormat pada orang tuaku sekaligus melindungi budayaku.


sumber : pengalamanku di pelukan dan didikan orang tuaku

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar